6 Tips Mengatasi Sakit Saat Menstruasi Hari Pertama Secara Alami

Related image

cara meredakan nyeri haid hari pertamaTahu kan apa yang ditandai masa pubertas pada wanita? Masa pubertas diikuti dengan terjadinya menstruasi, biasanya ditandai dengan keluarnya darah dari bagian vagina yang dikarenakan sel telur tidak dibuahi. Nah, apakah dari anda ada yang rasakan rasa sakit ketika hari pertama menstruasi? Rasa sakit yang muncul itu merupakah hal yang lumrah karena hal itu masih tetap adalah Premenstrual Syndrome (PMS). Beberapa gejala yang muncul ketika PMS biasanya dirasa nyeri pada daerah perut bawah, mudah capek, kembung, rasa tidak nyaman di bagian payudara, punggung terasa sakit dan terkadang muncul jerawat. Ketika keadaan itu tentu anda beberapa wanita juga akan rasakan emosi yg tidak teratasi dan rasa sakit di semua badan hingga anda tentu mencari cara menangani sakit saat menstruasi.

Apabila anda telah rasakan beberapa gejala yang barusan telah dijelaskan, anda dapat melakukan cara menangani sakit saat menstruasi hari pertama dengan alami berikut ini :

Mengompres Hangat Pada Perut 
Cara menangani sakit saat menstruasi dengan memberi kompres pada perut. Kompres dapat memakai bantalan panas, tetapi bila tidak memiliki bantalan pemanasa, dapat memakai air hangat, langkahnya rebus air sampai panas, lalu input air itu kedalam botol kecil atau botol semacam nya yang tahan panas, kemudian lapisi botol itu dengan handuk, lalu pakai jadi kompres di perut pengganti bantalan pemanas.

Beristirahat 
Cara menangani sakit saat menstruasi anda dapat beristrihat ketika hari pertama haid lewat cara berbaring diatas tempat tidur untuk kurangi rasa sakit pada daerah punggung. Ketika berbaring dapat sembari memijat sendiri perut bagian bawah dengan perlahan-lahan dan waspada. Pijatan ini bermanfaat agar memperlancar aliran darah.

Berolahraga Ringan 
Meskipun kalian haid, berolahraga enteng adalah cara menangani sakit saat menstruasi, berolahraga yang disarankan ketika haid yaitu jalan kaki selama 30 menit, jogging, atau senam enteng. Berolahraga berperan untuk melindungi metabolisme badan hingga juga akan memperlancar peredaran darah dan memngurangi sakit saat haid.

Baca : latihan yoga untuk memperbesar payudara

Konsumsi Makanan yang Memiliki kandungan Zat Besi 
Ketika menstruasi, anda tentu alami kekurangan darah karena darah yang keluar ketika menstruasi, oleh Karenanya cara menangani sakit saat menstruasi adalah dengan konsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi, makanan yang banyak terkandung zat besi seperti kacang-kacangan, bayam, ubi merah, dan daging merah.

Konsumsi Pisang 
Ketika menstruasi sangat diperlukan kandungan potassium agar kurangi rasa sakit oleh karenanya, cara menangani sakit saat menstruasi dengan adanya banyak konsumsi buah pisang yang kaya potassium.

Melakukan Tehnik Relaksasi 
Cara menangani sakit saat menstruasi yaitu dengan melakukan relaksasi, Tehnik relaksasi yang dipakai adalah dengan mengatur nafas. Tehnik ini sangat mudah dilakukan setiap saat. Langkahnya seperti berikut, pertama-tama Tarik nafas lewat hidung dengan perlahan-lahan, lalu tahan sekitar 5-10 detik, kemudian hembuskan dengan perlahan-lahan lewat mulut dan kerjakan dengan berulang.

Baca juga : dampak buruk merokok bagi wanita

0 komentar: